Jumat, 08 Oktober 2010

Trading

Trading

OVERVIEW
Dalam Industri Trading, jalur distribusi memegang peranan penting. Namun pelaku Industri Trading, terutama distributor kini tidak lagi bisa hanya mengandalkan luasnya jaringan distribusi dan armada yang kuat. Tanpa sistem teknologi informasi yang memadai, kemungkinan terjadinya kesalahan (human error) sangat besar dalam proses pengiriman barang sampai ke agen-agennya. Dengan cara konvensional, selain pengiriman barang yang memakan waktu lama, proses pengiriman dan konsolidasi data juga menjadi sangat lambat karena dilakukan secara manual dan ketepatan serta keakuratan data menjadi sangat rendah, sehingga mengakibatkan keputusan bisnis yang diambil menjadi tidak tepat. Karena hal yang disebutkan di atas, maka pelaku Industri Trading menjadi sulit dalam memonitor arus distribusi barang yang kadang mengakibatkan terjadinya kerugian.
PELUANG
Untuk memenangkan persaingan ketat dalam usaha distribusi produk konsumsi, distributor dituntut mempunyai jaringan seluas-luasnya, dengan infrastruktur yang seefisien mungkin. Jaringan luas akan menjamin penyebaran produk sampai ke pelosok. Sementara, armada dan penggudangan yang handal akan menjamin kecepatan pengiriman barang ke konsumen akhir, sehingga tidak sampai terjadi kekosongan barang tertentu yang dibutuhkan konsumen di gerai atau kios ritel.
SOLUSI
Industri Trading membutuhkan Sistem Informasi Manajemen Persediaan Minimum Barang (Storage Management Information System) yang akurat dan tepat waktu, ketersediaan stok barang setiap saat dengan harga yang kompetitif dan kualitas barang yang harus selalu terjaga, serta kebutuhan mengintegrasikan perkembangan supply chain yang semakin panjang dan kompleks. Lintasarta dapat menjawab semua kebutuhan dari industri ini.
Pada umumnya Industri Trading berskala besar telah menggunakan aplikasi ERP untuk memantau kegiatan distribusi sehingga laporan transaksi harian prosesnya lebih dapat diamati dan proses lebih cepat dan relatif murah. Lintasarta juga dapat mengoptimalkan sistem aplikasi ERP dan CRM dengan menggunakan jaringan komunikasi yang sesuai seperti Frame Relay atau VPN MultiService. Layanan komunikasi data Lintasarta dapat memberikan koneksi online secara real-time dengan service level guaranteed hingga 99%.
Layanan internet dari Lintasarta seperti LINTASARTAnet juga dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk, komunikasi dengan pemasok, mitra usaha dan konsumen, kebutuhan pemesanan dan transaksi online. Sedangkan untuk kegiatan distribusi yang mobile, Lintasarta juga menyediakan solusi layanan akses internet berkecepatan tinggi dengan harga yang ekonomis, yaitu IdOLA.
Bagi industri ini, proses koordinasi antar cabang-cabang sangatlah penting, maka tidak heran bila banyak perusahaan distributor yang menggandeng perusahaan telekomunikasi untuk menghemat biaya komunikasi antar sales / supervisor / atau karyawan-karyawan penjualan yang mobile di lapangan. Untuk koordinasi, Lintasarta dapat memberikan solusi komunikasi suara yang efisien dengan Mobile Extension (MOBEX). Layanan ini adalah layanan terintegrasi seluler dengan perangkat switch telpon atau Private Branch Exchange (PBX) pelanggan, sehingga pelanggan dapat melakukan panggilan dari PBX ke telpon seluler para pegawainya yang mobile atau sebaliknya.
Isu mengenai stok barang dan warehouse juga merupakan isu yang penting bagi industri ini. Gudang harus terpantau dengan baik, barang tidak rusak, tidak hilang. Barang masuk dan barang keluar terkontrol dan terdata dengan baik. Lintasarta memberikan solusi CCTV online untuk monitoring proses produksi, monitoring stok barang dan proses delivery secara online CCTV dari kantor pusat hingga ke berbagai lokasi. Ketersediaan stok barang di gudang juga dapat diperiksa oleh kantor pusat atau kantor cabang dengan menggunakan SMS Corporate yang di-customized.
Dengan Lintasarta sebagai business partner, Industri Trading dapat meningkatkan koordinasi (antara supplier, distributor dan end user) untuk melancarkan proses bisnis dengan infrastruktur seefisien mungkin, meningkatkan warehousing system sehingga kecepatan pengiriman barang ke konsumen akhir terjamin, menjaga agar sistem manajemen informasi selalu up to date, meningkatkan nilai shareholder, dan mengembangkan bisnis.
http://www.lintasarta.net/CreativeSolutions/Trading/tabid/87/language/id-ID/Default.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar